Kamis, 02 Maret 2017

Jaman mantan hobi layangaaan masa kecil anak-anak

Berbicara tentang permainan masa kecil, memang selalunya mengasyikan. Selain membuat saya menjadi asyik mengobrak abrik laci-laci memori, hal ini juga membuat perasaan saya bahagia. Jadi senyum-senyum sendiri mengingat betapa "bandel"nya saya dulu waktu masih kecil. 
Hm... sepertinya semua permainan tradisional sudah pernah saya mainkan. Sebut saja main karet, main layangan, main dampu, main gala asin, main cingboy, main petak umpet sampe ngumpet di pohon atau kandang kambing juga pernah, main beklen, main congklak, main ular naga, main ular tangga, main pasar-pasaran, sampai menggiring ban bekas pake tangan semuanya pernah.
Main layangan adalah salah satu permainan  favourite saya. Meski gagal terus menerbangkan layangan, tapi saya suka sekali dengan permainan ini. Apalagi kalau ada layangan putus, uh seneng banget ngejar-ngejarnya heuheu
Dulu, sepertinya semua permainan bisa dimainkan oleh anak perempuan dan anak laki-laki. Tidak terbatas gender. Jadi kita mainnya bareng-bareng gitu. Pokoknya seneng banget deh. Ga ada yang namanya bully si ini atau si itu. Semua mau main bareng. Dan hampir semua permainan sudah saya perkenalkan kepada anak-anak saya. 
 
 
 
Nah, tahun lalu, saya dan anak anak berkesempatan mudik ke jawa tengah, anak lakilaki saya merengek minta dibelikan layangan. Pasalnya dia melihat anak tetangga saya bermain layangan. Saya pun bertanya pada anak itu, membeli layangan di mana? Anak itu menjawab, layangan itu enggak beli tetapi dari hasil ngejar layangan.
Ya ampun, ternyata susah juga beli layangan pada zaman sekarang ya. Kalau dulu, tukang layangan itu ada di mana-mana. Semua orang menjual layang-layang. Apakah karena sekarang layang-layang kurang peminatnya.... .

Kata anak itu, ada penjual layangan tapi jauh. Saya berusaha membuatkan,  Dia malah enggak tau harus menerangkannya bagaimana. Ya sudahlah.pamanya sudah mencoba membuatkan dari kertas yang ada. Tapi sayang, layangan itu tidak bisa terbang. Mungkin karena kurang ringan atau bagaimana.....?

Alhamdulillah, setelah jalan-jalan ke purwokerto, justru di sana saya dan anak" menemukan penjual layangan. Tapi bukan layangan kertas. Layangan hias yang terbuat dari kain terpal. Betapa anak saya amat senang karenanya. Ia bisa bermain layangan. bersenang riaaaaaaang...

          begitulah kisah kasih cerita msll ana-anak

.(ngakakpurbalingga) terimakasih'' wasalamualaikum"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar